Selama beberapa tahun terakhir ini, tren dunia ekonomi berubah dengan sangat drastis. Masyarakat dari banyak kalangan mulai menyadari penting dan asyiknya memiliki usaha sendiri.

Semakin hari, semakin banyak kawula muda bahkan ibu-ibu muda zaman now yang paling tidak memiliki satu atau dua bisnis sambilan sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau sekadar mencari kesibukan.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan istimewa di mana seluruh umat beragama Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa untuk menyucikan diri dan beribadah kepada Tuhan. Bulan puasa selalu mendatangkan inspirasi tren bisnis yang terus berkembang setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan di bulan suci ini.

Meskipun bekerja kantoran, kamu tidak perlu khawatir karena aktivitas jual beli di bulan puasa kebanyakan dilakukan pada sore dan malam hari. Jadi, jam kerjamu di kantor tidak akan terganggu.

Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp500 ribu sampai Rp15 juta untuk memulai bisnis sederhana di bulan puasa ini. Semua tergantung pada bisnis yang menjadi hobimu atau menarik perhatianmu.

Jadi, apa saja ide bisnis yang paling menarik di bulan puasa? Yuk, kita bahas satu per satu.

Bisnis Hijab dan Busana Muslim

Sumber gambar:  http://rumahiklan.co.id

Bulan Ramadhan sangat identik dengan baju baru. Biasanya, mendekati hari raya Idul Fitri, mal-mal atau toko-toko busana akan dipenuhi dengan orang-orang yang akan berbelanja baju baru. Mereka berbelanja baju baru untuk dipakai sendiri atau untuk keluarga mereka.

Berjualan busana muslim bisa menjadi salah satu usaha yang cukup mendatangkan banyak keuntungan di bulan Ramadhan. Tidak hanya berjualan baju, kamu juga dapat berjualan hijab, mukena, sarung, atau perlengkapan ibadah lainnya.

Berjualan busana muslim tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Kamu dapat menjadi dropshipper salah satu dari banyak toko online yang ada. Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu menyetok barang dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan fasilitas pre-order untuk barang-barang tertentu.

Untuk sasaran penjualan, kamu dapat menawarkan produk melalui sosial media seperti Facebook atau Instagram. Kamu juga dapat menawarkan kepada tetangga-tetangga yang malas pergi ke mal atau toko busana karena harus antre dan berdesak-desakan.

 

Bisnis Fashion Tas, Sepatu, Sandal, Peralatan Make-Up, dan Aksesori

Sumber gambar: http://anekataswanitaterkini.blogspot.co.id

Selain baju dan mukena baru, di bulan Ramadhan, berbagai jenis barang fashion seperti tas, sandal, sepatu, dan macam-macam aksesori mulai banyak dilirik terutama oleh para wanita. Mereka mempersiapkan berbagai ‘alat perang’ kecantikan untuk dipakai di hari raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, bisnis perlengkapan fashion seperti tas, sepatu, sandal, berbagai macam aksesori, dan peralatanan make-up menjadi salah satu peluang yang sangat digemari.

Jika modal awal menjadi kendala buatmu, mulailah dengan bertanya kepada teman-temanmu apa saja yang mereka butuhkan untuk persiapan hari raya nanti. Lalu, tawarkan jasa titip (jastip) pada mereka dan carilah toko offline maupun online yang menyediakan pernak-pernik fashion tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan tanpa harus bersusah payah mencari pembeli atau menyediakan stok barang.

 

Bisnis Makanan untuk Sahur

Sumber gambar: www.kompasiana.com

Di bulan puasa, sahur merupakan hal yang sangat penting bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa.

Banyak orang atau anak kost merasa kerepotan karena tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan untuk sahur. Mereka kesulitan jika harus membeli makanan pada jam-jam sahur. Maka dari itu, usaha berjualan makanan untuk sahur dapat menjadi salah satu usaha yang cukup diminati oleh para konsumen.

Kamu dapat menyediakan daftar paket makanan sehingga konsumen dapat memilih jenis paket makanan yang diminati. Dengan banyaknya jasa pengantaran, tentunya pengiriman makanan sudah bukan menjadi masalah lagi.

Untuk sasaran penjualan, kamu dapat menawarkan paket makanan ini kepada anak kost atau mereka yang sibuk bekerja di kantor. Dengan berjualan paket makanan untuk sahur, kamu tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Kamu bahkan dapat belanja bahan-bahan kebutuhan sesuai dengan pesanan yang ada tanpa harus membuang banyak sisa bahan makanan.

 

Bisnis Berjualan Takjil dan Makanan Berbuka Puasa

Sumber gambar: malangtoday.net

Sejak beberapa hari sebelum bulan puasa, kita sering melihat banyak “pengusaha kecil dadakan” yang mulai mengeluarkan meja besar dan mendirikan tenda di halaman rumah atau di depan pertokoan.

Mereka memenuhinya dengan aneka makanan seperti bubur, kolak, dan gorengan, yang lebih populer dengan nama ‘takjil’ atau makanan berbuka puasa. Selain itu, mereka juga menjual sayuran dan lauk-pauk untuk makan malam. Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan.

Pilihlah tempat yang dekat dengan perkantoran, pabrik yang dipenuhi oleh para pekerja, atau institusi pendidikan seperti lembaga bimbingan belajar, akademi, atau universitas yang dipenuhi oleh mahasiswa/i.

Mengapa? Karena kesibukan para pekerja dan mahasiswa, kebanyakan dari mereka akan memilih untuk membeli hidangan buka puasa dan makan malam mereka yang sudah jadi untuk disantap di rumah atau kost.

Untuk itu, sediakan aneka takjil, lauk-pauk, dan sayuran yang sudah dimasak. Tentunya, jangan lupa memprioritaskan rasa dan kebersihan masakanmu. Dengan begitu, konsumen kamu akan puas dan mungkin saja mereka akan berlangganan masakanmu bahkan sampai setelah bulan puasa berakhir. Jadi, usahamu dapat berkembang menjadi usaha katering.

 

Bisnis Bingkisan dan Parsel Lebaran

Sumber gambar: www.money.id

“Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin” adalah kalimat yang selalu diucapkan pada hari raya Idul Fitri. Kalimat ini sangat erat dengan budaya saling bermaaf-maafan, serta ucapan terima kasih.

Salah satu cara untuk mengucapkannya adalah melalui pemberian bingkisan dan parsel lebaran. Bingkisan dan parsel ini dapat berupa banyak hal, mulai dari buah-buahan, snack dan kue kering, hingga parsel elektronik.

Memulai bisnis ini cukup mudah. Kamu dapat membeli barang-barang yang diperlukan sebagai isi parsel dan merangkai bingkisan karyamu sendiri. Beberapa pelanggan kadang malah meminta packing sederhana dalam kardus cantik.

Kamu bisa mulai menawarkan jasamu sebelum atau saat bulan puasa. Tawarkan pada bos, teman, tetangga, dan keluargamu.

Tanyakan apakah mereka membutuhkan parsel untuk dikirimkan ke seseorang dan seperti apa parsel yang mereka inginkan. Apa isinya dan seperti apa bentuknya? Apakah disertai kartu ucapan atau tidak?

Kumpulkan pesanan sebanyak-banyaknya dan mulailah belanja sebelum toko-toko dipenuhi oleh pembeli-pembeli lainnya.

Bisnis Aneka Snack dan Kue Kering

Sumber gambar: www.infobisnis.id

Bisnis parsel bisa berisi makanan dan kue kering. Tidak semua konsumen mengirimkan bingkisan atau parsel berisi makanan instan bermerek. Banyak juga yang ingin mengirimkan parsel berisi kukis dan kue kering homemade yang tentunya lebih terjamin rasa dan kebersihannya.

Selain itu, tradisi di Indonesia pada saat bulan puasa dan hari raya adalah bersilaturahmi ke para saudara dan tetangga. Biasanya, setiap rumah sudah bersiap untuk menerima tamu dengan menyediakan berbagai macam makanan, snack, dan aneka kue kering yang sudah mulai mereka pesan di bulan puasa. Ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan apabila kamu hobi memasak dan membuat kue.

Carilah ide dan resep snack dan kue-kue kering populer di internet. Lebih bagus lagi kalau kamu memiliki ide sendiri yang unik dan berbeda dari lainnya. Mulailah dengan membagikan sampel gratis ke teman-teman dan kerabatmu, lalu ajak mereka untuk memesan camilan buatanmu.

 

Bisnis Aneka Bahan Roti, Kemasan, dan Toples Kue

Sumber gambar: petualangcemen.files.wordpress.com

Apabila kita membahas bisnis di bulan puasa, banyak orang akan langsung menyebutkan kue kering dan snack.

Tetapi, banyak orang lupa bahwa para pebisnis kue kering dan snack masih harus berbelanja bahan-bahan dan alat yang mereka pakai untuk membuat kue-kue. Jadi, di bulan puasa, kamu bisa mengambil langkah awal dengan menyediakan bahan-bahan snack atau kue, serta berbagai kemasan dan toples-toples yang digunakan untuk mengepak snack dan kue kering.

Carilah toples dan kemasan-kemasan unik, atau kamu bisa mendesain sendiri kemasan dan toples yang unik, menarik, dan berwarna-warni. Lalu, ajaklah teman-temanmu yang berbisnis kue kering untuk membeli kemasan dan toples mereka di kamu. Dengan begitu, kamu dan teman-teman bisa saling bekerja sama dalam bisnis dan membantu satu sama lain.

Tidak jarang juga, banyak orang mencari tempat ‘angpau’ yang lucu-lucu untuk mengisi uang dan memberikannya pada anak-anak. Kamu pun bisa memanfaatkan peluang ini untuk membeli banyak tempat angpau lucu dan dipasarkan melalui media sosial atau platform e-commerce online.

 

Bisnis Reservasi Tiket Transportasi dan Akomodasi

Hari raya Idul Fitri juga sangat identik dengan satu budaya lagi. Yap. Tepat sekali! Mudik. Sejak jauh-jauh hari, para mudikers pasti sudah mempersiapkan diri dengan memesan tiket mudik mereka.

Selain itu, banyak keluarga berencana menikmati liburan ke tujuan-tujuan wisata populer. Namun, bukan berarti bisnis reservasi tiket transportasi dan akomodasi ini tidak berguna di bulan puasa, lho!

Banyak hal bisa terjadi menjelang hari raya yang menyebabkan pembatalan maupun pergantian tanggal keberangkatan. Belum lagi, beberapa orang terlalu sibuk sehingga lupa untuk memesan tiket mudik mereka.

Di sinilah kamu dapat memanfaatkan peluang dan menawarkan jasa reservasi tiket baik untuk tiket bus, kereta, dan pesawat, serta jasa pemesanan hotel, guest house, apartemen, vila, dan akomodasi lainnya.

Perluas kapasitas networking kamu dan kumpulkan channel sebanyak-banyaknya supaya bisnis ini dapat kamu manfaatkan dengan maksimal.

 

Bisnis Rental Kendaraan Bermotor

Sumber gambar: www.merdeka.com

Masih terkait tradisi mudik, walaupun banyak mudikers sudah mempersiapkan diri dengan tiket pulang-pergi mereka, banyak juga yang memutuskan untuk mudik menggunakan mobil atau motor.

Tetapi, tunggu dulu! Perjalanan jauh tentunya akan memberikan tuntutan besar pada kendaraan pribadi mereka. Tuntutan ini bisa berujung pada ongkos yang membengkak. Untuk itu, banyak mudikers memutuskan untuk menyewa mobil atau motor yang akan mereka pakai untuk mudik. Jadi, bisnis sewa kendaraan bermotor sangat populer menjelang hari raya.

Kamu bisa mulai dengan kendaraan bermotor pribadimu atau mengajak teman dan saudara untuk bermitra denganmu dengan perjanjian bagi hasil yang sudah ditentukan dengan jelas sebelumnya.

Namun, karena perjalanan mudik biasanya memakan waktu dan usaha yang lebih dibandingkan dengan perjalanan biasa, pastikan semua kendaraan yang kamu sediakan dalam keadaan baik dan prima. Selain itu, pastikan ke konsumen bahwa jumlah muatan sesuai dengan kapasitas kendaraan supaya tidak menimbulkan kerugian pada akhirnya.

 

Bisnis Aneka Kembang Api

Sumber gambar: http://www.tribunnews.com

Tradisi mudik dan silaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara akan lebih asyik dan meriah dengan pesta kembang api yang dilakukan bersama-sama dan dengan hati-hati.

Di bulan puasa, banyak stan kembang api mulai bermunculan. Kamu bisa mengikuti tren berjualan kembang api ini dengan mencari jenis kembang api yang bagus dan tidak biasa. Lalu, tawarkan secara offline dan online untuk para pelanggan yang ingin menambah kemeriahan momen-momen bersama keluarga.

Lebih bagus lagi, kalau kamu juga bisa menyediakan bubuk holi dan smoke bomb yang kekinian.

 

 

Nah, ternyata banyak sekali peluang bisnis di bulan puasa yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang dan mencari keuntungan. Dan, kalau kamu konsisten dengan kualitas dan pelayananmu, bisnis ini bisa kamu kembangkan lebih lanjut, bahkan setelah bulan puasa dan hari raya Idul Fitri berlalu.

Percayalah bahwa peluang akan selalu terbuka bagi kamu yang kreatif dan mengikuti tren kekinian.