Zaman sekarang, semua orang ingin tahu cara mendapatkan uang dengan cepat.

Apalagi, dalam keadaan terdesak atau saat memiliki kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi, seperti: biaya rumah sakit, biaya kuliah, biaya reparasi motor, dan biaya kehidupan sehari-hari.

Tapi, jangan khawatir!

Seperti pepatah mengatakan “Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan”, era kekinian menawarkan beragam cara mendapat uang dengan cepat dan halal yang bisa kamu manfaatkan.

Langsung saja simak 11 tips favorit cara cepat cari uang ini.

Meminjam Uang

Pinjam UangKalau kamu benar-benar memiliki keperluan yang tidak bisa ditunda lagi, kamu bisa memilih untuk meminjam uang. Inilah cara cepat mendapatkan uang yang paling sering dilakukan banyak orang.

Kamu bisa meminjam uang ke saudara atau teman yang kamu percaya. Tapi, kalau kamu tidak ingin merepotkan keluarga, coba manfaatkan layanan personal loan atau kredit tanpa agunan dari bank dan berbagai lembaga finance.

Proses pengajuan pinjaman KTA memang memakan waktu. Hindari proses panjang ini dengan beralih ke fasilitas pinjaman online yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan fintech masa kini.

Banyak sekali situs layanan pinjaman online yang bisa kamu pilih. Mereka menawarkan fasilitas pinjaman uang cepat dengan pencairan dana 24 jam. Salah satu layanan yang tepercaya adalah kreditcepat.id.

Nah, kalau kamu memilih untuk meminjam uang, kamu harus berkomitmen untuk mengembalikannya dalam tenggat waktu yang ditentukan, ya!

Menyewakan Barang Atau Lahan

Sewa Barang

Tidak semua orang nyaman dengan pilihan meminjam uang atau berutang.

Bagi kamu yang tidak ingin meminjam uang, salah satu cara mendapatkan uang dengan cepat adalah menyewakan barang atau lahan yang kamu miliki.

Coba lihat seisi rumahmu. Kira-kira, adakah barang yang bisa disewakan ke orang lain?

Kamu bisa saja menyewakan TV, laptop, sepeda motor, atau mobil. Bahkan, yang sekarang sedang tren adalah persewaan perlengkapan bayi, seperti kereta bayi, mainan, dan gendongan bayi.

Atau, kalau kamu punya sisa lahan di depan rumah, kamu bisa menjadikannya cara cepat dapat uang.

Manfaatkan lahan itu untuk disewakan. Terutama, kalau lokasi rumahmu ada di daerah pusat kota, dekat dengan pertokoan dan institusi, atau ada di daerah tempat wisata.

Percaya atau tidak, lahan seluas teras kini bisa disewakan ke stan-stan makanan yang sedang mencari tempat berdagang.

Cuci Gudang/Menjual Barang Tidak Terpakai

Cuci Gudang

Bukan hanya toko komersial yang bisa cuci gudang.

Kamu pun bisa memanfaatkan cara cepat cari uang dengan cuci gudang. Bersihkan gudang atau kamarmu dan pilih barang-barang yang masih layak dan sudah tidak dipakai lagi seperti pakaian, buku-buku, kosmetik, dan perabotan bekas.

Sekarang, harga barang semakin tinggi padahal budaya konsumtif masyarakat semakin meningkat. Lalu, muncullah tren jual barang-barang preloved atau second yang masih layak pakai secara online.

Kamu bisa memilah-milah barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi dan menjualnya melalui akun media sosial atau situs e-commerce seperti Carousel, Tokopedia, dan BukaLapak. Tentunya, dengan keterangan “preloved”.

Pastikan kamu memilih barang-barang yang masih layak pakai, ya! Dan jangan lupa jabarkan dalam deskripsi barang kalau ada minus atau cacat di barang yang kamu jual.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan uang dengan cepat sekaligus mendapatkan space tambahan.

Menggadaikan Barang

gadai emasKalau kamu tidak rela menjual dan menyewakan barang-barangmu, kamu bisa mencoba menggadaikannya.

Tentunya, pilihan barang yang bisa digadaikan lebih terbatas. Biasanya, yang bisa digadaikan adalah barang-barang berharga seperti perhiasan perak dan emas, alat-alat elektronik, sepeda motor, mobil, dan sertifikat rumah.

Cara dapat uang cepat ini cukup populer karena kamu tidak harus repot dengan proses yang panjang dan ribet. Tenggat waktu yang diberikan juga lebih fleksibel dan kamu bisa mengembalikan uang yang dipinjam sesuai dengan kemampuan.

Tapi tentunya, saat menggadaikan barang, kamu harus memilih institusi yang bisa dipercaya. Jadi, barang-barangmu tetap aman dan akan kembali tanpa cacat saat kamu menebusnya.

Berjualan Makanan dan Minuman

makanan-minumanKalau kamu tidak memiliki barang yang bisa dijual atau digadaikan, berjualan makanan dan minuman adalah salah satu cara menghasilkan uang dengan cepat.

Bisnis kuliner sedang sangat naik daun. Sudah rahasia umum bahwa keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis kuliner mencapai 100% dari modal harga bahan.

Cara mendapatkan uang dengan cepat yang satu ini cocok bagi kamu yang hobi memasak. Atau, bagi kamu yang tinggal di dekat tempat ramai seperti institusi pendidikan, kos, perkantoran, dan tempat wisata.

Kamu cukup membuka stan kecil di depan rumah dan menyediakan makanan dan minuman. Pastinya, akan banyak mahasiswa dan orang kantoran yang membelinya karena mereka cukup sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak.

Trik lain yang bisa kamu coba adalah: mengikuti tren.

Mungkin ini sifatnya musiman, tapi bisa mendatangkan banyak keuntungan. Misalnya, tren berganti mulai dari es cincau, es kepal milo, bakso setan, dan lainnya. Kamu bisa menjual makanan dan minuman yang sedang booming dan mengganti barang daganganmu dengan tren selanjutnya.

Nah, bagaimana kalau kamu tidak punya tempat untuk berjualan? Tidak perlu khawatir.

Kini, sudah ada transportasi online yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa berjualan makanan dan minuman tanpa harus membuka lapak. Bermodalkan keterampilan memasak, kamu bisa menjual masakanmu melalui layanan pengantaran online.

Jadi Reseller/Dropshipper

resellerKalau kamu ingin membangun bisnis dalam jangka waktu panjang, cobalah menjadi reseller atau dropshipper.

Zaman sekarang, berjualan tidak harus memiliki modal besar. Cukup bermodalkan koneksi internet dan laptop atau HP, kamu bisa membuka toko online-mu sendiri.

Kamu bisa mulai dengan mencari supplier yang menjual barang dengan harga yang lebih murah. Lalu, bukalah PO (pre-order) untuk mengumpulkan pembeli sehingga kamu bisa memesan barang dalam jumlah banyak dan mendapat harga lebih murah.

Atau, kalau tidak mau repot, kamu bisa menjadi dropshipper.

Kamu cukup meneruskan pesanan dari konsumen untuk langsung dikirimkan dari suppliermu. Tapi, ada baiknya kamu memeriksa kualitas barang yang dikirim supplier sebelum memutuskan untuk menjadi dropshipper. Jadi, kamu tidak perlu ragu bahwa klien akan puas dengan kualitasnya.

Tanpa modal, bisnis jalan, dan kamu bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Berjualan Akun Game dan Menjadi Joki

gamersInilah cara cepat dapat uang yang sangat asik dan paling cocok bagi generasi milenial yang hobi main game, terutama mobile game.

Kamu bisa memanfaatkan game-game yang sedang naik daun, seperti Arena of Valor (AOV), Mobile Legends, dan PUBG Mobile.

Buatlah beberapa akun dan mainkan dengan serius hingga mencapai level dan pencapaian tertentu. Lalu, jual akun itu dengan harga sesuai dengan level dan pencapaian yang sudah kamu raih.

Atau, kamu mungkin familier dengan istilah joki game. Kalau kamu memang memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni sebagai seorang gamer, kamu bisa menjual kemampuanmu dengan menjadi joki dan memainkan akun orang lain.

Mereka akan memintamu memainkan akun game mereka dan meraih level atau pencapaian yang diinginkan.

Nah, kalau kamu merasa kemampuanmu cocok untuk diadu, kamu bisa mulai meniti karier di bidang e-sport. Pendapatanmu bisa berasal dari bermain game, iklan, dan endorse. Apalagi, e-sport sudah mulai dipamerkan di Asian Games tahun ini, lho.

Nge-game dapat duit? Kurang asik apa coba?

Manfaatkan Akun Media Sosial dan Jasa Followers

Social-media

Karena tren belanja online meningkat, banyak toko online dan brand perusahaan pun membutuhkan akun media sosial yang sudah “mapan”.

Jadi, mereka bisa meraih kepercayaan pasar dengan cepat tanpa harus mulai branding dari nol. Akun media sosial dengan ratusan ribu bahkan jutaan followers membuat toko online lebih terkesan populer dan tepercaya.

Kamu bisa memanfaatkan tren ini dengan mengumpulkan followers sebanyak mungkin. Misalnya, buatlah akun yang berisi info unik atau quote yang memotivasi. Lalu, kelola dengan tekun. Setelah terkumpul followers yang diinginkan, kamu bisa menjualnya.

Selain berjualan akun media sosial, kamu juga bisa berjualan followers akun Instagram atau Twitter. Tentu saja, followers yang ditambahkan harus akun asli dan aktif, ya.

Atau, kamu pun bisa memulai jasa endorse dan iklan dengan akunmu. Misalnya, kamu sering mem-posting foto makanan. Kamu bisa menerima jasa endorse makanan atau review restoran baru.

Manfaatkan media sosial yang populer seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, atau lainnya. Selamat memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang!

Membuka Jasa Titip (Jastip)

jastip

Ini nih, cara dapat uang cepat sekaligus jalan-jalan dan belanja. Siapa sih yang tidak suka belanja? Apalagi belanja yang malah mendapatkan uang! Itulah jastip atau jasa titip.

Jasa titip ini sedang populer karena banyak orang ingin mendapatkan produk, tapi jauh dari lokasi tempat tinggal dan tidak bisa didapatkan secara online. Misalny, brand produk tertentu yang hanya dijual di mal seperti Informa, Skecher, atau IKEA. Atau, produk khas daerah yang tidak dijual di luar daerah seperti JOGER.

Tapi, bukan berarti jastip ini hanya berlaku untuk barang-barang bermerek saja! Untuk memanfaatkan cara cepat menghasilkan uang ini, kamu bisa membuka layanan jasa titip di media sosialmu.

Contohnya, besok kamu akan pergi ke Semarang. Bukalah jastip untuk pembelian produk atau kuliner khas Semarang seperti lumpia semarang, wingko babat, atau bandeng duri lunak. Atau, kalau sedang ada diskon besar-besaran di IKEA, bukalah jastip untuk pembelian produk-produk IKEA.

Tentu saja, berikan fee titip yang sewajarnya per produk. Misalnya, 25 hingga 50 ribu untuk barang-barang seperti sepatu dan pakaian, serta 15 ribu hingga 30 ribu untuk buku-buku pameran.

Mudah, kan? Jalan-jalan, belanja, dan dapat uang!

Dari Hobi Menjadi Uang

photographer

Cara ini menyenangkan untuk siapa saja dan tidak akan ada matinya!

Memanfaatkan hobi sebagai cara mendulang uang akan membuatmu lebih semangat dalam melakukannya.

Sebenarnya ini mudah dan sederhana.

Misalnya, kamu memiliki hobi berkebun. Kamu bisa menanam beragam tanaman yang sedang populer atau menjual bibit tanaman. Atau, kalau kamu hobi menggambar di komputer, kamu bisa mencoba membuat graphic novel-mu sendiri dan memublikasikannya di aplikasi komik seperti Webtoon, Ciayo Comics, Tapastic, dan lainnya.

Nah, kalau kamu hobi memotret, manfaatkan hobimu dengan menyediakan jasa foto untuk acara dan momen khusus. Atau, kalau kamu lebih suka memotret bebas, jual saja hasil jepretanmu di beberapa aplikasi seperti Snapwire, Scoopshot, dan EyeEm.

Yang paling tren saat ini adalah menjual DIY-mu sendiri.

Barang-barang do it yourself alias DIY ternyata laku keras di pasaran. Kamu bisa membuat banyak hal, mulai dari gantungan kunci, hiasan kamar, kotak kado, kerajinan tangan, sabun ramah kulit, dan banyak lainnya.

Hobi jadi duit? Wah, bisa bikin nagih, nih!

Manfaatkan Aplikasi dan Situs Web Penghasil Uang

whaffTip lain yang paling digemari adalah dengan memanfaatkan aplikasi penghasil uang di HP maupun laptopmu.

Banyak sekali aplikasi Android yang memberikan hadian poin atau uang virtual yang nantinya bisa dicairkan menjadi uang tunai.

Biasanya, kamu harus mengisi survei, mengunduh dan menginstal aplikasi, atau memainkan beberapa game. Lalu, hadiah poin atau uang virtualnya bisa ditukarkan pulsa atau uang tunai.

Contohnya:

  • WHAFF reward

Aplikasi ini memberikan hadiah untuk menginstal atau menggunakan aplikasi di daftar WHAFF. Besar hadiah berkisar antara $0,1-1 sesuai dengan lokasimu. Uang ini nantinya bisa kamu cairkan sebagai pulsa HP maupun saldo iTunes, Google Play, Steam, dan aplikasi serupa lainnya.

  • Cash Gift

Mirip dengan WHAFF, Cash Gift memberikan hadiah berupa poin bagi pengguna yang menyelesaikan “tugas” yang diberikan. Misalnya, menonton iklan, menginstal aplikasi, atau tugas lainnya.

  • Google Opinion Rewards

Google Opinion Rewards memberikan hadiah poin dengan mengisi survei-survei yang ada dalam aplikasi. Namun, aplikasi yang satu ini membutuhkan layanan VPN karena belum tersedia di Indonesia.

Selain 3 aplikasi di atas, tentunya ada banyak sekali situs web atau aplikasi yang membayarmu untuk melakukan tugas kecil, menginstal dan memainkan aplikasi, hingga memberikan pendapat.

Memang sih, nominal yang ditawarkan aplikasi-aplikasi ini tidak begitu wow. Tapi, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kan?

Selain situs web dan aplikasi berbayar, kamu juga bisa mencari pekerjaan mystery shopping.

Dengan berpura-pura sebagai pembeli misterius, kamu akan menerima tugas untuk membeli sesuatu dan melaporkan situasi atau kejadian yang terjadi secara mendetail. Barang yang dibeli akan menjadi milikmu.

Misalnya, kamu harus membeli produk kecantikan di toko A dan bertanya sederet pertanyaan. Kemudian, kamu harus menilai tanggapan karyawan yang berbeda untuk setiap pertanyaan itu. Kadang kala, kamu harus mengambil foto dan melaporkan situasinya sesuai permintaan klien.

Tentu saja, semua itu harus kamu lakukan tanpa ketahuan, ya!

Rata-rata pekerjaan mystery shopping memberikan bayaran 50 ribu hingga 400 ribu, tergantung tingkat kesulitan dan kerumitan tugasnya.

Yuk, coba manfaatkan internet sebagai cara cari uang cepat melalui aplikasi dan situs web yang membayarmu!

 

Itulah 11 cara mendapatkan uang dengan cepat yang sedang tren. Kamu tentunya bisa mencobanya saat membutuhkan dana tambahan.

Tapi, kamu harus tetap ingat bahwa di dunia ini tidak ada cara instan untuk mendapatkan sesuatu.

Kamu harus tetap berusaha dan bekerja secara cerdas dan tekun dalam menggunakan tips-tips di atas untuk meraih sukses dengan lebih cepat.

Tetap semangat, ya!