Kamu pasti tahu kalau Asian Games 2018 akan diadakan di Indonesia.

Yup! Uniknya, acara bergengsi ini diadakan di dua kota sekaligus, yaitu Jakarta dan Palembang. Ini pertama kalinya terjadi dalam sejarah Asian Games. Biasanya, pesta olahraga ini hanya diadakan di satu kota.

Selain itu, acara ini diwarnai dengan angka 18. Asian Games ke-18 diadakan pada 18-08-2018. Kebetulan sekali, ya.

Nah, ternyata selain lokasi dan tanggal yang unik, ada 6 fakta terkini dan unik lainnya dari Asian Games 2018. Yuk, langsung saja kita simak.

Ada 10 Cabang Olahraga Baru dan Ekshibisi E-sport!

Pencak SIlat Man

Sumber Gambar: asiangames2018.id

Dalam Asian Games, memang ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan. Tapi, tahun ini, tidak tanggung-tanggung ada 40 cabang olahraga yang dipersiapkan.

Dari 40 cabang, 10 di antaranya baru mulai diadakan tahun ini, yaitu rollersport (skateboarding dan roller skate), basket 3-on-3, jet ski, bridge, sport climbing, paragliding, pencak silat, jiu jitsu, kurash, dan sambo.

Untuk kamu yang belum tahu, bridge adalah permainan kartu yang tergolong “olahraga otak”. Sedangkan, cabang olahraga bela diri baru: pencak silat dari kepulauan Melayu, jiu jitsu dari Jepang, kurash dari Uzbekistan, dan sambo dari Rusia dan Uni Soviet.

Karena banyaknya cabang olahraga, negara tercinta kita ini akan dihadiri oleh sekitar 15.000 atlet berbakat dari 45 negara.

Satu hal yang unik lagi, kamu mungkin sudah dengar kabar bahwa e-sport akan hadir di Asian Games tahun ini.

Benar! Asian Games kali ini memiliki ekshibisi, di mana 6 e-sport terpilih akan mengambil bagian: Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft 2.

Unik, ya?

 

Pemerintah Menggelontorkan Dana 3,7 Triliun Rupiah Untuk Membangun Venue

Sumber Gambar: asiangames2018.id

Demi menjadi tuan rumah yang mengesankan, pemerintah Indonesia menganggarkan 3,7 triliun rupiah untuk membangun venue khusus pesta olahraga Asia ini.

Anggaran ini hanya untuk pembangunan venue, belum termasuk anggaran lain-lain yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan Asian Games tahun ini.

Kenapa banyak sekali dana yang dibutuhkan?

Karena totalnya ada 76 venue untuk kompetisi dan latihan, serta 14 non-venue, termasuk wisma atlet. Pembangunan sarana dan prasarana ini sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2016. Semua pembangunan venue dan non-venue dijadwalkan selesai bulan Juni ini.

Maskot-Maskot Asian Games 2018 Mewakili Seluruh Indonesia Dengan Unik dan Menawan

Maskot Asean GamesMaskot adalah bagian penting dari suatu acara besar, tidak terkecuali Asian Games.

Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah memilih 3 maskot unik yang memiliki makna mendalam:

  • Bhin-Bhin

Hewan ini adalah representasi dari burung cenderawasih yang cantik. Bhin-Bhin mengenakan rompi corak Asmat dari Papua. Dia mewakili Indonesia bagian timur.

  • Atung

Hewan ini adalah representasi dari rusa bawean. Jenis rusa ini terkenal dengan kecepatannya. Untuk memberikan sentuhan Indonesia, Atung mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta. Dia mewakili Indonesia bagian tengah.

  • Kaka

Hewan ini adalah representasi dari badak bercula satu yang tergolong hewan langka dan dilindungi. Badak bercula satu identik dengan kekuatan hebatnya. Kaka mengenakan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang. Dia mewakili Indonesia bagian barat.

Tidak hanya atribut yang unik dari ketiga maskot ini.

Coba perhatikan nama mereka: Bhin-Bhin, Atung, Kaka. Kalau kamu menggabungkan nama ketiganya, kamu akan mendapatkan: Bhineka Tunggal Ika!

Aslinya, Indonesia Bukan Tuan Rumah Asian Games ke-18

Sumber Gambar: Vanghe.blogspot.com

Faktanya, tuan rumah Asian Games ke-18 adalah Vietnam, bukan Indonesia. Tapi, Vietnam mengundurkan diri dan Indonesia pun mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Inilah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Asian Games ke-4 diadakan di Jakarta pada tahun 1962.

Uniknya, seharusnya Asian Games tidak diadakan tahun 2018, lho, tapi tahun depan. Tapi, Indonesia akan melakukan pemilu tahun depan, sehingga Asian Games pun dimajukan menjadi tahun ini.

Dangdut Dijadikan Lagu Resmi Pembuka Asian Games 2018

Siapa yang tidak kenal Via Vallen, pedangdut populer di Indonesia?

Nah, tahun ini, salah satu lagu dari Via Vallen yang berjudul “Meraih Bintang” akan menjadi lagu resmi pembuka acara olahraga bergengsi ini.

Lagu dangdut ini memberikan semangat untuk para atlet yang akan bertanding di Asian Games. Inilah salah satu potongan liriknya yang sarat makna dan rima:

Kalau menang berprestasi

Kalau kalah jangan frustasi

Kalah menang solidaritas

Kita galang sportivitas

“Meraih Bintang” memadukan irama dangdut dan aransemen elektronik, sehingga terdengar modern tanpa menghilangkan unsur-unsur dangdut yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia.

Selain Via Vallen, sejumlah musisi ternama akan menyemarakkan acara Asian Games 2018. Kita tunggu saja siapa yang akan mengisi acara besar ini!

 

Puluhan Ribu Personel Diterjunkan Untuk Mengamankan Asian Games 2018

Sumber Gambar: www.shopback.co.id

Pesta olahraga terbesar se-Asia ini pastinya akan dihadiri oleh banyak atlet, tokoh masyarakat, artis, dan banyak lainnya.