Memiliki hobi bisa memberimu banyak manfaat karena kegiatan yang menyenangkan hati dan menggugah minatmu bisa membantumu mengusir stress dan mengurangi kecemasan. Hobi juga bisa menjadi sarana aktualisasi diri, bahkan memberi makna hidup.

Namun, beberapa hobi mungkin membutuhkan modal yang tak sedikit. Misalnya saja hobi bersepeda yang sedang ngetren belakangan ini, untuk memulainya kamu harus merogoh kantong cukup dalam untuk membeli sepeda dan aksesoris lainnya seperti helm, baju ataupun sepatu olahraga yang sesuai untuk kegiatan bersepeda. Jika tak hati-hati, keuanganmu bisa berantakan.

Oleh karena itu, sebelum memulai suatu hobi, kamu harus memastikan bahwa kondisi keuanganmu sudah cukup baik dan kamu sudah memiliki rencana keuangan dengan budget yang proporsional untuk membiayai hobimu tersebut. Kalau kita merujuk pada aturan anggaran 50/20/30, maka budget untuk hobi dan kesenangan lainnya (liburan, makan di luar, tiket konser dan lain sebagainya) adalah sekitar 30% dari penghasilan bersih.

Nah, untuk menjaga agar cashflow tetap sehat tanpa ada kesulitan keuangan, terapkan juga beberapa tips berikut ini, yuk!

Menabung dulu, nikmati hobi kemudian

Tabungan biasanya jadi salah satu sumber dana utama untuk memodali hobi dan kesenangan lainnya. Maka, sebelum kamu memulai hobi yang membutuhkan modal cukup besar, sebaiknya perbanyak dulu tabunganmu.

Perkirakan berapa uang yang kamu butuhkan untuk memulai hobi tersebut, lalu sisihkan uang setiap bulan untuk ditabung. Saat tabunganmu sudah cukup, kamu bisa menggunakannya untuk memodali hobimu. Tak ada salahnya juga untuk membuat pos tabungan tersendiri untuk hobi dan kesenangan lainnya, jika memang dirasa perlu.

Tidak harus baru; barang bekas bisa jadi pilihan

Kamu ingin mulai hobi bersepeda seperti teman-temanmu? Kata siapa kamu harus membeli sepeda baru? Sekarang ini, banyak orang yang menawarkan sepeda bekas pakai di internet dengan kondisi yang beragam. Kamu bisa membeli sepeda bekas dengan harga miring sehingga kamu tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar. Namun, kamu harus pastikan dulu bahwa barang yang kamu beli dalam kondisi yang baik dan penjualnya dapat dipercaya.

Manfaatkan fasilitas pinjaman bunga ringan

Kalau kamu membutuhkan bantuan dana cepat untuk membiayai hobimu, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas kredit cepat yang bisa kamu temukan secara online. Teknologi informasi yang telah berkembang sekarang ini memungkinkan kamu mendapatkan pinjaman uang cepat melalui penyedia layanan peer-to-peer lending, salah satunya kreditcepat.co.id.

Di KreditCepat, situs penyedia layanan pinjaman online, kamu bahkan bisa mendapatkan pinjaman cepat tanpa jaminan dengan bunga 0%. Program promosi ini meniadakan biaya komisi untuk kamu yang mengajukan pinjaman untuk pertama kalinya di KreditCepat, jadi kamu tidak perlu membayar biaya tambahan apapun. Silakan cek syarat dan ketentuannya di sini, ya.

Nah, fasilitas pinjaman dana tunai dari KreditCepat ini tentunya ini bisa jadi solusi keuangan online bagi kamu  yang ingin segera memulai hobimu. Ingat juga untuk membayar pinjamanmu tepat waktu agar sejarah kredit cepatmu  tetap baik dan kondisi keuanganmu terjaga.

Kamu akan bisa dengan mudah membiayai hobimu kalau kamu bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Misalnya saja bagi kamu yang senang mengerjakan kerajinan tangan, kamu bisa menjual hasil kerajinan tanganmu di marketplace online. Jika kamu hobi memasak, kamu juga bisa menjual hasil masakanmu ke keluarga atau teman terdekat, atau bahkan mengembangkannya menjadi bisnis kuliner. Walaupun memulai bisnis sampingan semacam ini banyak tantangannya, kamu bisa mendapatkan kepuasan tersendiri, lho. Apalagi, kini mencari dana cepat untuk  pembiayaan modal usaha sudah jauh lebih mudah karena kamu bisa mendapatkan pinjaman uang online langsung cair di kreditcepat.co.id.

Memiliki sumber penghasilan tambahan merupakan hal yang penting untuk membantu keuanganmu. Ini bisa kamu dapatkan dari menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobimu. Walaupun usaha sampingan membutuhkan modal, namun biasanya tidak terlalu besar, dan kamu bisa dengan mudah mendapatkannya

Lifestyle sport woman and health riding bike in city background

Upset young couple with financial bills having conflict in home interior

di KreditCepat tanpa terlalu banyak membebani cash flow keuangan pribadi.