Hari raya Idul Fitri atau yang lebih sering disebut dengan Lebaran adalah hari yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari kemenangan yang dirayakan setelah menyelesaikan ibadah puasa sebulan penuh ini biasanya dipenuhi dengan tradisi silaturahmi bersama keluarga, kerabat, tetangga, dan teman-teman.

Di hari yang fitri tersebut, bertemu dengan sanak saudara merupakan sebuah momen yang sangat spesial. Apalagi jika pertemuan tersebut jarang sekali dilakukan. Tentunya, kamu para wanita kece zaman now ingin berpenampilan semaksimal mungkin untuk membuat momen Idul Fitri semakin bermakna.

Faktor pendukung yang paling utama untuk tampil menakjubkan di hari Lebaran adalah busana. Selain make-up, pakaian adalah hal pertama yang paling sering diperhatikan. Untuk itu, dengan mengikuti tren Lebaran tahun ini, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan penampilan memesona.

Jadi, apa saja tren fashion wanita untuk Lebaran tahun ini?

Gamis Kain Tradisional

Sumber gambar: www.duabatik.com

Bagi kamu wanita muslimah yang kekinian, baju gamis atau gamis maxi adalah item ciri khas nomor satu yang harus kamu pilih. Tetapi tunggu dulu, untuk Lebaran tahun ini, jangan buru-buru memilih gamis yang sudah biasa kamu pakai sehari-hari.

Coba padukan gamis favoritmu dengan kain-kain tradisional asli Indonesia seperti batik, tenun/tenun ikat, atau jumputan. Kamu bisa menjahit kain-kain tradisional tersebut menjadi setelan gamis dan hijab yang cantik. Atau, bisa juga kamu padukan dengan kain-kain lainnya yang senada sehingga perpaduannya menghasilkan sebuah baju gamis yang menawan.

Dengan begitu, kamu tidak hanya akan tampil beda dengan penampilan spesial, tetapi juga memberikan dukungan pada kebudayaan Indonesia di hari yang fitri ini.

Kimono Muslim

Sumber gambar: www.aliexpress.com

Selain gamis, tren fashion yang sedang naik daun belakangan ini adalah kimono muslim. Kimono sendiri sebenarnya adalah baju tradisional dari Jepang berbentuk seperti cardigan/jas panjang dengan berbagai motif dan biasanya dipakai pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, perayaan, dan berbagai festival di Jepang.

Baju model kimono kemudian diadaptasi menjadi sebuah tren fashion bagi umat muslim. Modelnya ada yang diikat ke tubuh dengan tali di pinggang atau dijadikan outer atau baju luar tanpa tali pengikat.

Nah, coba mulai lirik tren kimono muslim ini dan padu-padankan dengan inner blouse atau dress maxi favoritmu. Jika kamu memilih kimono luar dengan corak yang ramai, padukan kimono cantikmu dengan dalaman dan hijab yang cenderung polos dengan warna yang kontras. Di sisi lain, kimono polos akan lebih mudah dipadukan dengan dalaman dan hijab apa saja, baik polos maupun bercorak.

Tambahkan aksen dengan aksesori seperti kalung, akesori hijab, dan kacamata hitam untuk membuat penampilanmu semakin trendy dan menarik.

Kesan “Bling” dengan Glitter dan Swarovsky

Sumber gambar: www.hijup.com

Bagi kamu yang memiliki tradisi khusus dengan acara yang lebih fancy di hari raya tahun ini, kamu akan membutuhkan kesan spesial untuk menghadiri acara keluargamu.

Jangan khawatir! Jika baju gamis dan kimono masih terlalu biasa bagimu, cobalah mulai melirik aksen “bling” dengan glitter dan permata imitasi seperti swarovsky. Kamu bisa memberikan aksen glitter atau swarovsky di beberapa bagian dari bajumu seperti kerah, ujung lengan, serta beberapa tempat di tepian rok gamismu. Padukan juga dengan kimono muslim dan berbagai aksesori cantik agar penampilanmu memukau seperti kaum sosialita dan selebriti.

Kamu bisa membeli aksesori bling-bling di toko aksesori, hijab, atau toko online. Atau, kamu juga bisa membuat aksesorimu sendiri. Belilah bahan-bahannya di toko aksesori, lalu rangkailah sendiri sesuai keinginan. Mulai dari bros, sabuk, hiasan hijab, hingga aksesori lainnya, semua bisa kamu kenakan dengan baju atau dress polos.

Tentu saja, tren ini tidak akan sesuai untuk kamu pakai di pertemuan keluarga biasa atau kunjungan ke rumah saudara dan tetangga. Jadi, pastikan kamu menghadirkan kesan “bling” ini di acara yang tepat, ya!

 

Aksen Denim

Sumber gambar: www.hijup.com

Nah, jika kamu termasuk tipe wanita yang tidak mau pusing memikirkan padu padan pakaian, tenang saja! Kamu tetap dapat tampil casual dan classy di hari raya nanti. Caranya mudah: cukup buka lemari bajumu dan cari celana, rok maxi, atau blazer jeans favoritmu dan voila! Masalah selesai.

Jeans atau blue jeans dengan bahan denim adalah salah satu style yang nggak ada matinya! Pertama kali ditemukan pada abad ke-19 oleh Jacob Davis dan Levi Strauss, awalnya bahan denim dipilih oleh para penambang untuk mereka pakai karena sifat bahannya yang kuat dan tidak mudah robek. Sudah seratus tahun lebih hingga saat ini, bahan denim ini adalah salah satu tren yang “aman” untuk dipakai dalam berbagai macam acara.

Nah, untuk acara silaturahmi dan kumpul-kumpul santai dengan keluarga, kamu bisa memilih aksen denim ini dengan memadukan blouse dan jeans favoritmu, baik celana maupun rok. Kamu juga bisa memilih gamis dengan bahan denim, dan memadukannya dengan hijab polos warna terang. Jangan lupa tambahkan aksesori seperti kalung, sabuk, serta aksesori hijab agar penampilanmu semakin kece.

Aksen Renda

Sumber gambar: mds.mataharimall.com

Selama beberapa tahun terakhir ini, tren lace atau renda sedang naik daun, terutama untuk fashion baju pengantin, gaun pesta, serta kebaya modern. Untuk hari raya nanti, kamu pun bisa memanfaatkan aksen renda ini untuk mendapatkan style chic yang feminin.

Aksen renda ini sering dipakai oleh selebriti ternama seperti Syahrini, Ashyanti, dan Nia Ramadhani sehingga penampilan mereka menjadi lebih mewah dan glamor. Jika kamu menyukai style ini, pilihlah long dress dengan bahan renda, kemudian padukan dengan hijab polos dengan warna senada. Atau, kamu juga bisa memadukan kain satin polos dengan bahan renda sehingga menghasilkan gamis a la baju pesta yang terlihat mewah.

Tetapi, jika kamu tidak merasa nyaman dengan kesan mewah dan glamor, penempatan renda hanya di beberapa bagian seperti: lengan baju, tepian rok, dan aksen motif di bagian dada akan memberikan kesan feminin namun tidak berlebihan.

Pilihlah lace atau renda dengan bahan halus dan lembut sehingga acaramu tidak akan terganggu dengan rasa geli dan gatal akibat kualitas renda yang buruk sehingga menggesek kulit.

Kombinasi Kaftan dan Brokat

Sumber gambar: mds.mataharimall.com

Kaftan memang bukan tren fashion yang baru, tetapi tetap akan menjadi model baju muslim favorit. Selain karena mudah dicari dan dibuat, kaftan memberikan kesan elegan dengan potongan yang longgar dan panjang.

Busana yang dulunya populer di kerajaan Timur Tengah ini dapat dikombinasikan dengan brokat di beberapa bagian. Kamu bisa mengaplikasikan brokat sebagai atasan maupun bawahan. Aksen brokat ini biasanya dipadu-padankan dengan satin, sifon, atau katun yang tidak terlalu berat.

Jika kamu ingin tampil mewah dan anggun, aplikasikan brokat di hampir seluruh bagian dress-mu. Pilihlah warna-warna yang tidak terlalu cerah untuk memberikan kesan lembut, seperti merah muda, cokelat muda, dan lainnya. Untuk acara yang lebih besar, kamu bisa mencoba memadukan warna-warna berani, seperti merah dan hitam, krem dengan ungu, atau warna lainnya.

Terakhir, untuk bagian dress atau baju yang polos, tambahkan juga aksesori lainnya. Jika kamu mengaplikasikan brokat di seluruh bagian, kamu tidak perlu aksesori karena aksesori malah akan membuat penampilanmu terlalu ramai.

 

 

Jadi,

tren manakah yang sesuai dengan selera fashion-mu? Jangan lupa mulai belanja dari sekarang karena mendekati Lebaran, banyak toko fashion dan e-commerce menyediakan diskon besar-besaran!

Jika kamu masih belum puas dengan pilihan yang ada di toko, kamu juga bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi untuk memilih style dan membuat busana lebaranmu sendiri. Pastinya, kamu akan merasa lebih bangga dan puas dengan hasil karyamu sendiri, dan hari rayamu tahun ini akan sangat berkesan.

Yuk, bangkitkan jiwa fashion unikmu dan jadikan Idul Fitri tahun ini lebih bermakna!