Salah satu cara paling aman untuk menyimpan uang tunai yang kita miliki adalah dengan menyimpannya di rekening tabungan di bank. Saat ini, ada sangat banyak penawaran produk simpanan dari berbagai bank di Indonesia yang menawarkan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda. KreditCepat merangkum semua yang kamu perlu tahu tentang tabungan, berbagai manfaat dan jenisnya, dalam artikel yang terdiri dari dua bagian ini. Yuk, pelajari lebih mendalam tentang tabungan agar kamu bisa memanfaatkan produk keuangan yang satu ini secara optimal.

Apa itu tabungan?

Tabungan pada dasarnya adalah simpanan berupa uang yang tersisa dari pendapatanmu setelah kamu membayar seluruh tagihan dan keperluanmu. Biasanya orang menyimpan uang mereka di bank karena lebih aman dibandingkan menyimpannya sendiri di rumah. Ini karena tabungan di bank di Indonesia dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS menjamin dana simpananmu hingga Rp 2 miliar per bank. Artinya, jika kamu memiliki lebih dari satu rekening tabungan di bank yang sama, LPS menjamin hingga 2 miliar Rupiah dari total saldomu di bank tersebut setelah dijumlahkan, termasuk saldo tabungan, deposito, dan rekening simpanan lainnya.

Saat kamu membuka tabungan di bank, biasanya bank akan memberikan berbagai fasilitas untuk memudahkan kamu mengelola dan menarik uangmu. Fasilitas tersebut di antaranya buku tabungan dan kartu ATM. Banyak bank juga memiliki aplikasi mobile banking sehingga kamu bisa mengelola tabunganmu secara online melalui ponselmu. Namun, berbagai kemudahan ini biasanya tidak gratis; kebanyakan bank membebankan biaya administrasi atau pemeliharaan bulanan.

 

Kapan sebaiknya kita mulai menabung?

Kalau saat ini kamu belum memiliki tabungan, mulailah menabung sekarang juga! Menabung harus dimulai sejak pertama kali kamu memiliki pendapatan. Kenapa hal ini penting dilakukan? Ini agar kamu bisa lebih cepat menikmati kondisi finansial yang lebih stabil dalam hidupmu dibandingkan jika seandainya kamu tidak memiliki tabungan atau baru mulai menabung di usia yang lebih tua.

Lebih cepat kamu mulai menabung, lebih cepat pula tabunganmu bisa bertumbuh. Dengan catatan, bunga atau keuntungan yang kamu dapatkan lebih tinggi dibandingkan biaya-biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyimpan uangmu. Bunga tabungan yang kamu dapatkan di tahun ini bisa menumbuhkan tabunganmu lebih banyak di tahun berikutnya. Ini disebut juga sebagai efek compounding, yaitu ketika aset keuangan yang kamu miliki (dalam hal ini tabungan) mampu menghasilkan keuntungan yang kemudian digunakan untuk menghasilkan keuntungan lagi di kemudian hari.

Apa saja manfaat menabung

Menabung tentu banyak manfaatnya. Apa sajakah itu?

 

  • Dana darurat

 

Jika kamu memiliki simpanan uang, maka jika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, misalnya anggota keluarga jatuh sakit atau mengalami kecelakaan dan membutuhkan biaya perawatan, kamu bisa menggunakan tabunganmu untuk biaya-biaya tidak terduga semacam itu. Sehingga, kamu tidak perlu mengambil pinjaman dana tunai untuk kebutuhan darurat. 

 

  • Membantumu jika kehilangan pekerjaan

 

Bagi banyak orang, kehilangan pekerjaan juga berarti kehilangan pendapatan utama. Jika ini terjadi dan kamu tidak memiliki tabungan yang cukup, tentu akan sulit untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Apalagi, biasanya sangat sulit bagi orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan untuk pinjam uang di bank atau lembaga keuangan lainnya. Nah, di saat seperti ini, tabungan yang kamu simpan bisa menjadi tumpuan sementara sampai kamu bisa mendapatkan pekerjaan lagi.

 

  • Mengurangi utang

 

Tabungan bisa digunakan untuk membeli barang-barang atau membiayai keperluan sehingga kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit ataupun mengajukan kredit ke bank. Jadi, biaya untuk membayar bunga kartu kredit dan cicilan utang pun berkurang.

 

  • Membiayai mimpi

 

Saat kamu menabung, tentu kamu memiliki tujuan dan mimpi yang ingin kamu raih dengan tabungan tersebut. Jika kamu bisa memenuhi target tabunganmu, kamu akan bisa mewujudkan berbagai mimpimu, seperti misalnya membiayai acara pernikahan, membayar DP rumah atau kendaraan bermotor, jalan-jalan ke luar negeri, menyekolahkan anak, dan sebagainya.

 

  • Sumber dana setelah pensiun

 

Uang pensiun yang kamu dapatkan setelah bekerja selama puluhan tahun belum tentu dapat memenuhi setiap kebutuhan dan keinginanmu. Jika kamu memiliki tabungan yang sudah kamu pupuk cukup lama, kamu bisa menggunakannya sebagai sumber dana di usia tua nanti. Inilah manfaat jangka panjang dari tabungan.

 

Berapa banyak rekening tabungan yang kita butuhkan?

Banyak ahli keuangan berpendapat bahwa satu rekening tabungan saja tak cukup untuk memenuhi tujuan keuanganmu. Sebaiknya, miliki beberapa rekening tabungan yang masing-masing bisa kamu gunakan untuk mewujudkan target keuangan yang spesifik. 

Buka satu rekening tabungan untuk menyimpan dana darurat yang besarnya tiga sampai enam kali pengeluaranmu per bulan. Lalu gunakan satu rekening tabungan lainnya yang bisa kamu gunakan khusus untuk mencapai target keuangan lainnya, misalnya membiayai DP rumah, atau biaya traveling ke luar negeri. Tentu kamu bisa memiliki lebih dari dua rekening, jika kamu mampu mengelolanya, untuk mewujudkan target keuanganmu lebih cepat.

 

Nah, itulah pengertian dan berbagai manfaat tabungan. Pada bagian selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis produk tabungan yang tersedia di Indonesia. Tunggu artikel berikutnya dari KreditCepat, ya!