Di berbagai negara di dunia, kemeriahan hari raya Natal disambut dengan penuh suka cita. Meskipun Natal adalah hari raya umat Kristiani, namun hari istimewa ini telah menjadi salah satu momen tahunan yang dinanti-nanti oleh banyak orang di seluruh dunia. Cara merayakan Natal pun tidak selalu sama di setiap negara; banyak yang memiliki tradisi Natal sendiri yang sangat unik dan seru. Jika kamu ingin Natal yang berbeda tahun ini, kamu bisa mencontoh tradisi-tradisi Natal dari berbagai negara di dunia berikut ini.

Natal yang Gemerlapan

Banyak orang menghias ruangan dan halaman rumah mereka dengan dekorasi Natal untuk menyambut hari raya istimewa ini. Tapi masyarakat Filipina dikenal jor-joran dalam hal ini. Banyak orang di Filipina menghias kota dan desa mereka dengan lampion istimewa yang disebut ‘parol’. Parol tradisional biasanya dibuat dari bambu dan kertas dan menggunakan lilin, lampu minyak, atau lampu karbit sebagai sumber cahaya. Namun, di jaman sekarang, parol dibuat dari bahan yang lebih modern seperti plastik dan metal dan menggunakan lampu listrik.

Praktikkan tradisi unik ini di rumah dengan membuat parol versimu sendiri bersama keluarga dan gunakan untuk menghias halaman rumahmu untuk menambah semarak suasana Natal. Bonusnya yaitu kebersamaan yang bisa kamu rasakan saat melakukan aktivitas seru bersama seluruh keluarga.

Jika kamu dan keluarga tidak terlalu terampil dalam membuat dekorasi semacam ini, kamu juga bisa membelinya di toko online. Kebersamaan keluarga tetap bisa kamu nikmati saat memasang dekorasi bersama-sama. Membeli dekorasi Natal memang membutuhkan uang yang tidak sedikit, tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan kredit cepat cair untuk membantu keuanganmu selama masa liburan ini di KreditCepat.

Pesta Makan KFC

Kalau kamu biasanya mengadakan makan malam dengan menu yang mewah dan istimewa di malam Natal, tahun ini tak ada salahnya kamu mencoba tradisi Natal unik yang dilakukan oleh masyarakat negara Jepang, yaitu menyantap KFC. Ya, makan ayam goreng dari restoran cepat saji ini telah menjadi salah satu tradisi Natal di Jepang sejak tahun 1974. Di malam Natal, warga Jepang berbondong-bondong mendatangi restoran ini untuk menikmati makan malam dengan menu ayam goreng berbalut tepung khas KFC bersama keluarga mereka. Kamu juga bisa meniru tradisi ini bersama keluarga di rumah dan merasakan kehangatan dan kegembiraan menyantap bersama-sama hidangan Natal yang unik ini.

 

Sambut Natal sambil Bersepatu Roda

Tradisi yang tak biasa ini telah lama menjadi bagian dari perayaan Natal di Caracas, ibu kota negara Venezuela. Di malam Natal, masyarakat kota ini beriring-iringan pergi ke misa memakai roller skate, memenuhi jalanan di kota itu. Tradisi ini sangat populer di Caracas hingga pemerintah kota pun menutup jalan-jalan kota agar warga bisa menikmati bersepatu roda bersama-sama.

Tahun ini, kebanyakan gereja di Indonesia akan mengadakan misa Natal secara online  demi menghindari penularan virus corona. Meski begitu, kamu tetap bisa, lho, mencontoh tradisi dari Caracas ini. Ajak anggota keluargamu untuk menikmati sore hari dengan bersepatu roda keliling komplek rumahmu bersama-sama. Untuk menambah keceriaan, kamu juga bisa membuat pesta kostum kecil-kecilan bersama keluarga. Salah satu di antara kalian bisa menjadi santa, dan yang lainnya bisa menjadi rusa kutub, peri atau bahkan The Grinch. Lalu pakai sepatu roda kalian dan bersenang-senanglah sebelum waktunya misa online di malam Natal nanti.

 

Natal Bersama Disney

Setiap tahun di tanggal 24 Desember jam 3 sore, anak-anak dan orang-orang dewasa di Swedia duduk di depan televisi mereka untuk sebuah tradisi yang istimewa. Inilah waktunya ditayangkan program spesial dari Walt Disney, sebuah film animasi pendek berjudul From All of Us to All of You, atau yang dikenal di Swedia dengan Kalle Anka och hans vänner önskar God Jul, yang artinya “Donald Duck dan kawan-kawan mengucapkan selamat hari Natal.”

Film animasi berdurasi sekitar 34 menit ini diproduksi pada tahun 1958 dan sejak penayangannya yang pertama di Swedia pada tahun 1959, telah menjadi bagian dari tradisi Natal di negara itu. Kamu bisa menemukan film yang telah menjadi pusat kegembiraan warga Swedia ini di YouTube. Ajak seluruh anggota keluarga menonton film ini bersama-sama di laptop atau komputer sambil menikmati hidangan tradisional Swedia seperti misalnya bakso khas Swedia dengan kentang tumbuk dan saus lingonberry yang resepnya bisa kamu temukan di sini.

Nah, itulah beberapa tradisi Natal unik dari beberapa negara di dunia yang bisa kamu tiru. Dengan merayakan Natal secara berbeda dari biasanya, kamu dan keluarga bisa menambah keseruan Natal, lho. Jika untuk Natal tahun ini kamu membutuhkan bantuan dana, segeralah meluncur ke KreditCepat.

Di KreditCepat, kamu bisa mendapatkan pinjaman online tanpa agunan dengan proses yang cepat dan syarat pinjaman online yang mudah. Pinjaman instan dengan bunga 0% yang bisa kamu dapatkan berkisar dari Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 untuk peminjam baru dan bisa lebih tinggi lagi untuk peminjam yang telah terdaftar. Tentunya pinjaman dana ini bisa membantumu mengelola keuanganmu dengan lebih baik di saat-saat yang membutuhkan banyak pengeluaran seperti masa liburan akhir tahun ini.

Dengan kredit cepat online dari KreditCepat, penyedia layanan pinjaman online yang bisa diandalkan, kamu bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan lebih menyenangkan. Selamat Natal!